💪Bagi Yang Suka Malas Bekerja, Ayo Baca Wasiat Nabi ﷺ Ini Biar Gak Terusan Malas & Makin Semangat 💪

 

hukum meminta-minta dalam islam

⚠️Seorang muslim yang baik, bukanlah seorang muslim yang pemalas. Muslim yang baik itu adalah muslim yang giat bekerja mencari nafkah untuk keluarga dimana hal itu adalah ibadah yang diganjari pahala oleh Alloh subhanahuwataala. Untuk itu sudah sepatutnyalah kita sebagai seorang muslim makin bersemangat dalam bekerja dan menjauhi sifat malas, apalagi sampai meminta-minta, karena meminta-minta bukanlah akhlak yang baik.


✍🏻 Hadits dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang tercelanya meminta-minta:

حدثنا عبد الله بن يوسف ، أخبرنا مالك ، عن أبي الزناد ، عن الأعرج

عن أبي هريرة رضي الله عنه : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال

 " والذي نفسي بيده لأن يأخذ أحدكم حبله ، فيحتطب على ظهره خير له من أن يأتي رجلا ، فيسأله أعطاه أو منعه "

✏️ Artinya:

Telah mengkhabarkan kepada kami Abdulloh bin Yusuf, telah mengkhabarkan kepada kami Malik, dari Abu Zinad, dari Al-A'roj, dari Abu Hurairoh radhiyallohu'anhu, bahwa Rosululloh Shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: 

"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, jika salah seorang di antara kalian mengambil seutas tali, lalu pergi mencari kayu bakar dan memikulnya ke atas punggungnya (untuk dijual), sungguh itu lebih baik daripada ia mendatangi seseorang lalu meminta-minta kepadanya, bisa jadi ia diberi atau ditolak."

📚(HR. Bukhari no. 1412 ("Shohih Al-Bukhori" kitab: Az-Zakah, bab: Al-isti'faafi 'anil mas-alah)


🔆 Oleh sebab itu, mari kita giat bekerja karena sifat malas dan suka meminta-minta sangat dibenci Rasululloh ﷺ dan bukanlah merupakan akhlak seorang muslim yang baik.  

Allohua'lam bissowab

(bila Anda menggunakan laptop, agar lebih nyaman menonton video ini, 
tekan & tahan tombol control (Ctrl) lalu scroll ke bawah atau ke atas menggunakan mouse, sesuaikan dgn ukuran layar monitor Anda)

Boy Tambusai

Jangan lupa dishare ke teman-teman ya? Hitung-hitung nambah pahala :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar