🔥 Begini Cara Para Sahabat Nabi ﷺ Dalam Memandang Sebuah Dosa, Walaupun Sekedar Dosa Kecil⚡


jangan remehkan dosa-dosa kecil
🚩Pada dasarnya suatu dosa secara garis besar terbagi atas dua kategori yakni dosa besar dan dosa kecil. Yang tergolong dosa besar seperti berbuat kesyirikan, tidak mengerjakan sholat wajib, durhaka kepada kedua orangtua, berzina, merampok, mencuri, minum-minuman keras, makan anjing dan babi serta makanan yang diharamkan Alloh ta'ala dan lain sebagainya. Sementara contoh dosa kecil seperti bolos sekolah, nyontek, mengintip orang mandi, mengolok-ngolok orang, mubazir membuang-buang makanan, ngeprank orang, main gaplek, merokok, pacaran, dan lain sebagainya.

Namun banyak orang yang menganggap sepele suatu dosa, apalagi dosa kecil. Oleh sebab itu mulai sekarang, marilah kita berusaha untuk tidak pernah menganggap remeh suatu dosa yang hadir di hadapan kita, walaupun dosa itu kita anggap hanyalah dosa kecil belaka, karena para sahabat Rosululloh shallallohu 'alaihi wasallam yang selalu kita teladani akhlaknya, mereka sangat berhati-hati dengan perkara dosa kecil ini. 

🧯 Hal ini dikhabarkan langsung oleh salah seorang sahabat Nabi shallallohu 'alaihi wasallam  yang bernama Anas bin Malik radhiyallohu'anhu dengan riwayat sebagai berikut:

 حدثنا أبو الوليد ، حدثنا مهدي ، عن غيلان ، عن أنس رضي الله عنه ، قال : إنكم لتعملون أعمالا ، هي أدق في أعينكم من الشعر ، إن كنا لنعدها على عهد النبي صلى الله عليه وسلم من الموبقات قال أبو عبد الله : يعني بذلك المهلكات

Artinya: 
Telah mengkhabarkan kepada kami Abul Walid, telah mengkhabarkan kepada kami Mahdiyyun, dari Ghoilan, dari Anas radhiyallohu 'anhu beliau berkata: "Bahwa sesungguhnya perbuatan dosa di hadapan mata kalian saat ini terlihat tipis seperti rambut, namun di mata kami (para sahabat) yang hidup di masa Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam menganggapnya merupakan dosa yang besar"
(Shohih Bukhori, no. 6492)

Semoga kita dijauhkan Alloh ta'ala dari perbuatan dosa, walaupun itu hanya sekedar dosa-dosa kecil saja yg selama ini terlihat remeh di mata kita. 
Aamin ya robbal alamin.

(bila Anda menggunakan laptop, agar lebih nyaman menonton video ini, 
tekan & tahan tombol control (Ctrl) lalu scroll ke bawah atau ke atas menggunakan mouse, sesuaikan dgn ukuran layar monitor Anda)

Faedah Islam

Jangan lupa dishare ke teman-teman ya? Hitung-hitung nambah pahala :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar