Rosululloh ﷺ Bersabda: "Setiap Malam Robb Kita Turun Ke Langit Dunia Di Sepertiga Malam Terakhir, Lalu Dia Berfirman; Siapa Yang Berdo'a Kepada-Ku Maka Akan Aku Kabulkan, Siapa Yang Meminta Kepada-Ku Maka Akan Aku Beri Dan Siapa Yang Meminta Ampun Kepada-Ku Maka Akan Aku Ampuni"

Alloh turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir

Barangsiapa Yang Berdo'a Di Waktu Yang Mustajab Ini, Pasti Akan Alloh Kabulkan!

Terkadang kita sering berdo'a meminta sesuatu kepada Alloh 'azzawajalla, tapi belum terkabulkan. Mungkin belum dikabulkan Alloh karena terhalang oleh sumber-sumber yang haram yang mengalir di dalam darah kita, apakah berasal dari sesuatu yang kita makan dari penghasilan uang riba, atau sumber uang haram lainnya, karena bagaimanapun salah satu penghalang terkabulnya doa seorang hamba adalah sumber yang haram yang dia makan. 

Untuk itu, setelah kita bersihkan penghasilan kita dari sumber-sumber yang haram, maka mulailah kita dengan berdoa kepada Alloh di waktu-waktu yang mustajab untuk dikabulkannya suatu do'a. 

Mau tau waktu yang mustajab dikabulkannya do'a itu? Yakni di waktu sepertiga malam terakhir. Kalau diperkirakan, antara jam 2 malam sampai jam 4 malam sebelum masuk waktu subuh. Makin bagus kalau dilakukan setelah malaksanakan sholat tahajut dan witir. 

Apa dalilnya? Dalilnya sebagaimana hadits Rasululloh shallallohu'alaihi wasallam dari sahabat Abu Hurairoh rodhiallohu'anhu berikut ini:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الأَغَرِّ، وَعَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ ‏"‏ ‏.‏

Artinya:
Telah mengkhabarkan kepada kami dari Yahya bin Yahya, beliau berkata: aku membaca hadits Malik dari Ibnu Syihab, dari Abu Abdillah Al-Aghor, dan dari Abu Salamah bin Abdirrohman, dari Abu Hurairoh dari Rasululloh shallallohu'alaihi wasallam dimana beliau bersabda: Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam di sepertiga malam terakhir dan Allah berfirman, "Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” 
(HR. Abu Daud no. 4108, Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808)

From Abu Hurayroh from Prophet shallallohu'alaihi wasallam that he said: Our Lord, the Blessed and the Exalted, descends every night to the lowest heaven when one-third of the latter part of the night is left, and says: "Who supplicates Me so that I may answer him. Who asks Me so that I may give to him. Who asks Me forgiveness so that I may forgive him."

(Hadith Abu Dawud 4108, Bukhori 1145 and Muslim 1808)

Faedah Islam

Jangan lupa dishare ke teman-teman ya? Hitung-hitung nambah pahala :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar